5+1 Tips Jitu Melariskan Jualan Di Shopee

Artikel 5+1 Tips Jitu Melariskan Jualan Di Shopee ini terinspirasi dari pertanyaan bagus Mba Ari di Klinik Sapu Jagat di Grup Telegram. Sebuah pertanyaan yang sangat mendasar untuk sukses berjualan di market place Shopee dan Tokopedia. Ini "pertanyaan berat", oleh karenanya memerlukan penjelasan relatif lengkap. Untuk keperluan itu ada dua bagian penjelasan, yaitu:

Pertama, inilah tips yang perlu kita lakukan untuk menambah jumlah pengunjung ke toko online di Market Place hususnya Shopee dan Tokopedia. Jadi kita ulas dulu cara meramaikan pengunjung toko online di market place.

1. Lengkapi Isi Toko Namun Tetap Spesifik
Melengkapi toko dengan aneka produk dengan banyak pilihan warna, model dan bahan membuat pengunjung toko betah melakukan window shoping. Dengan banyaknya pilihan produk akan membuka ketertarikan lebih besar pada pengunjung. Semakin besar ketertarikan pengunjung mengamati produk anda, Insya Allah semakin berpeluang terjadinya closing.

Namun patut diingat, produk yang lengkap jangan sampai menjadikan pengunjung bingung lalu bosan atau merasa tidak nyaman di dalam toko. Jalan keluar menghindari kondisi dimaksud, pastikan toko anda memiliki produk yang satu tema, tentukan satu tema saja misalnya busana muslimah. Maka produk yang anda sediakan husus busana muslimah dan perlengkapan yang langsung berkaitan dengan busana muslimah. Contoh produk pelengkap yaitu  hijab dan kaos kaki dan kaos tangan. Diluar produk yang tidak berkaitan langsung sebaiknya anda abaikan, jangan ditempatkan pada satu toko yang sama.


Sangat baik jika toko anda berisi produk yang spesifik, misalnya memilih produk dengan tema sama (busana muslimah) dan berasal dari satu produsen atau satu brand. Terutama jika brand produk tersebut sudah sangat kuat atau sudah dikenal di masyarakat.


2. Gunakan Mantra Big Sale dan Diskon

Kata Big Sale dan Diskon adalah mantra dalam berjualan di market place. Mantra adalah pemikat agar calon pembeli segera memasuki toko anda. Kadang pilihan mantra ini mengerikan bagi beberapa penjual, namun itulah keadaannya jika berjualan di market place. Big Sale dan Diskon bisa disebut senjata satu-satunya dalam memikat pengunjung market place.

Pada platform market place, sangat sedikit ruang untuk melakukan covert selling atau menulis kata-kata copywriting yang berfungsi menjadikan munculnya desire bagi calon pembeli untuk segera mengambil kepitusan agar segera action atau membeli. Pada sisi lain, kompetitor yang menjual produk sejenis akan mudah mereka temukan. Maka "perang harga" adalah kenyataan yang harus dihadapi bagi semua penjual di market place. Dengan demikian mantra jualan yang bisa anda pilih adalah berjualan gaya "hard selling" dengan menonjolkan mantra Big Sale dan Diskon.



Tips Jualan Laris Manis Di Market Place Shopee dan Tokopedia Juga Bukalapak

Cara menonjolkan mantra Big Sale dan Diskon dapat anda lakukan dengan memanfaatkan fitur yang tersedia pada platform market place, yaitu teknik harga lama yang dicoret dan menonjolkan harga baru setelah diskon.


Cara lainnya, anda membuat rak husus (kategori) dengan menonjolkan kata Big Sale. Pada produk Nibras Fashion Grup, anda dapat memajang produk Sale sesuai program yang diberikan oleh Nibras Fashion Grup pada rak atau kategori Big Sale di toko anda.


Anda tertarik pengen belajar internet marketing husus emak-emak? Klik Disini 


3. Banyakin Blogging
Blogging adalah kegiatan mengenalkan dan menarik pengunjung toko anda dengan menggunakan media artikel, jadi anda membuat artikel yang menarik dan mudah ditemukan para pengguna internet yang sedang mencari produk sesuai yang anda jual. Semakin banyak artikel yang anda buat dan mudah ditemukan peselancar, semakin membuka peluang ramainya pengunjung toko anda. Maka penting sekali anda mulai membuat artikel.

Pada konsep gratisan, anda dapat membuat website pribadi di Blogger cukup bermodalkan email pada gmail. Platform blogger selain gratis sepanjang masa juga tidak kalah powerfull dalam bersaing menampilkan URL artikel anda pada google search yang kondang digunakan sebagai mesin perambah pengguna internet di Indonesia. Jika pun dibutuhkan teknis tertentu agar SEO FRIENDLY, dalam masa sekejap anda akan mudah menguasainya. Anda tidak perlu berfikir bahwa membuat artikel agar mudah ditemukan itu sulit dan  membutuhkan keahlias husus, karena yang terpenting adalah anda rajin membuat artikel yang otentik (bukan copas) dan bersabar beberapa pekan kemudian ahirnya secara meta data mesin google search sukses membaca URL anda. Baca selengkapnya terkait Artikel sebagai pegawai marketing anda.



4. Rajin Sharing di Sosmed

Sharing adalah membagikan informasi kepada halayak ramai (sosmed) yang sekiranya ada pengguna sosmed dimaksud membutuhkan informasi yang anda miliki. Ini masih tips gratisan, hanya memerlukan ketekunan. Teknik agar efekif pun relatif mudah, misalnya buatlah jadwal yang konsisten sesuai jam tayang yang "prime time". Anda sharingkan URL toko anda dan berikan penekanan keunggulan yang dimiliki. Keunggulan toko anda misalnya free ongkir, Diskon dan Pelayanan yang luwes. Utamakan sharing jika sedang memiliki program husus misalnya ada promosi spesial vocher belanja atau diskon lebih besar jika belanja kulakan.

Tips Jualan Laris Manis Di Market Place Shopee dan Tokopedia Juga Bukalapak
Promo Voucher Belanja

Pemilihan waktu prime time adalah waktu yang sangat mungkin sharing anda mendapatkan banyak perhatian dari pengguna sosmed, misalnya pada facebook dan Instagram waktu yang dianggap prime time adalah pada pagi hari selepas selesai melepas suami kerja, pada jam makan siang dan terpenting waktu selepas Isya.

Selain pilihan waktu anda dapat membuat sharing yang covert alias terselubung untuk berbagi di japri whatapps atau telegram dengan cara broadcast. Sangat baik jika anda sudah memiliki grup atau channel dan anda rutin berbagi sesuai tema passion dengan disisipi promosi jualan anda.


Penting sekali memperhatikan teknik yang tepat dalam melakukan sharing, karena jika sembrono akun instagram atau facebook anda bukannya bertambah follower malah bisa berkurang atau malah akun anda akan diblokir. Demikian pula dalam melakukan broadcast bijaksanalah karena sekarang hampir semua sosial media sudah terpasang fitur "laporkan spam dan blokir". 

Lantas bagaimana cara sharing yang baik? Salah satu artikel ini semoga membantu anda: Cara Sharing Broadcaast Pada WhatsApp

5. Beriklan di Market Place
Ini jurus penting namun banyak yang alergi, terutama emak-emak yang masih kepikiran maunya apa-apa gratisan. Ayo ngaku.... bener ngga sih suka jadi takut rugi kalau mengeluarkan biaya untuk beriklan?

Tidak apa bersikap hemat dan hati-hati dalam pengeluaran, namun demikian ada baiknya menguji sebuah keputusan dengan mencoba mencari cara berfikir lain yang baru (mencari mindset baru) adalah sikap bijaksana seorang interpreuner, agar mudah menerima inovasi baru dan jualannya tidak begitu-begitu saja. Kita tidak pernah tahu suatu cara baru dalam upaya meningkatkan omset jika tidak rajin dan berani berinovasi. Para pedagang konservatif atau kuno biasanya suka dengan jargon "kalau ada yang gratis ngapain pilih yang bayar". Tidak demikian halnya dengan pemilik mindset yang pengen selalu selangkah lebih maju. mereka akan mendukung sebuah jargon: Jika ada yang lebih menghasilkan, kenapa hanya melakukan yang itu-itu saja.. 


Hasil Kerja Jasa Iklan Market Place Pada Google Search Yang Menjadikan Produk Lebih Menonjol dan Mudah Ditemukan

Cara berfikir marketer yang bijaksana adalah dengan mempertimbangkan fakta bahwa iklan adalah urat nadi pemasaran. Kita mahfum, sebagian besar laba perusahaan biasanya akan dihabiskan untuk membayar peningkatan beriklan. Itulah faktnya. Bahkan tidak jarang dalam kompetisi usaha terjadi apa yang dinamakan "perang iklan".

Pilihan membiayai iklan pada konteks berjualan di Market Place penting anda pertimbangkan, bahkan dalam kebutuhan tertentu perlu juga melakukan perang iklan.

Tugas pengatur jasa iklan di internet adalah lebih memudahkan pengguna internet mempertemukan produk pada toko anda. Jika lebih dimudahkan untuk ditemukan netter  yang mencari jenis produk yang anda jual,  maka otomatis akan meningkatkan jumlah pengunjung toko anda. Semakin banyak pengunjung toko (vistors) sudah seharusnya akan meningkatkan angka penjualan toko anda.

Memahami cara kerja beriklan adalah jika semakin banyak yang menemukan url penawaran produk toko anda maka semakin banyak peluang menaikkan angka penjualan. Beberapa riset menyebutkan bahwa tingkat konversi (sales/closing) dengan jumlah visitors adalah berkisar pada angka  1 hingga 3 persen. Singkatnya, jika ada 1.000 pengunjung toko online milik anda, maka peluangnya adalah 10 sampai 30 penjualan akan terjadi di toko online anda.  

Namun sekali lagi, tetaplah bijaksana. 

Apa yang dimaksud bijaksana dalam membiayai iklan? 

Pertama, pastikan dengan membayar iklan omset anda semakin besar dibandingkan saat anda hanya memanfaatkan fitur gratisa. Setidaknya, pastikan biaya iklan anda terbayar dari hasil peningkatan omset penjualan anda.

Kedua, tingkatkan biaya iklan anda jika sudah terbukti meningkatkan omset anda. Evaluasilah hasil beriklan anda setiap periode tertentu dalam beriklan.

Ketiga, jika sudah siap tinggal NGEBOOST atau teruslah lipat gandakan biaya iklan anda jika sudah menemukan pilihan cara beriklan yang tepat dan momentum yang sangat menguntungkan (nanti ada artikel husus yang membahas hal ini). 

Coba anda mulai mempertimbangkan untuk mulai menggunakan alur berfikir dalam internet marketing seperti ini: Jika dengan cara gratisan saja menghasilkan, apalagi dengan cara membayar jasa iklan. Hampir semua mastah sering menyimpulkan bahwa cara berfikir seperti itulah yang sering digunakan para marketer online yang sering dberitakan cepat sukses omset ratusan atau bahkan milyaran rupiah jualan di internet.

Selengkapnya bisa menyimak video sharing berikut ini:


***

Pada bagian kedua, sebagai penjelasan pertanyaan yang juga bagian penting dari cara berjualan di market place yaitu apa saja upaya agar banyak menghasilkan closing?

Jurus Pamungkas Jualan laris-Manis Di Lapak Shopee dan Tokopedia:
Naikkan Citra dan Performance Toko


Perhatikan, ini adalah jurus pamungkas. Artinya, bagaimanapun cara jualan anda, pada ahirnya harus melakukan jurus ini. Misalnya anda sudah melakukan penguatan strategi blogging atau beriklan, efektifitas strategi anda pada ahirnya akan tergantung dari kemampuan anda menggunakan jurus pamungkas ini yaitu berupaya sebaik mungkin menaikkan performa toko.

Sangat penting menaikkan performance toko untuk mendapatkan citra toko yang memiliki nilai lebih baik ketimbang kompetitor. Lakukan perjuangan sekuat tenaga bahkan beriklanlah atau jika perlu membagi waktu secara husus atau menyewa tenaga admin untuk melayani chatting dengan customer  karena semua ihtiar anda untuk mendapatkan performa toko yang bagus adalah investasi terbaik di market place. Seorang agen yang sudah berhasil mendapatkan Star Seller sebagai ciri tokonya memiliki pelayanan dengan performa yang yang baik mengaku mendapatkan pengunjung lebih banyak lagi. Otomatis jika pengunjung lebih banyak selanjutnya transaksi pun meningkat. 

Demikian pula dengan pelapak yang memiliki emblem husus semacam penghargaan dari kualitas berjualan pada tokopedia dalam bentuk semacam emblem atau logo pita yang sering kita lihat di sertifikat penghargaan. Ada jenis silver, emas dan selanjutnya. Juga penghargaan atas prestasi akan terlihat dari berapa banyak emblem yang didapatkan. Semakin banyak tanda penghargaan pada toko anda semakin naik citra dan kepercayaan pembeli.

Kendala yang dikeluhkan seperti juga para agen lainnya tinggal pada stok dan kecepatan mengirimkan produk. Kendala ini lumrah terjadi karena keterkaitan antara marketer dengan produsen penyedia produk. Namun produsen tidak akan tinggal diam. Selalu ada upaya baru agar lebih support terhadap agen pemasaran mereka.

Berikut terlihat pada gambar adalah aspek penilaian kinerja toko online anda pada market place Tokopedia.


Aspek Penilaian Performance Toko Pada Tokopedia

Sedangkan pada shopee nampak tidak kalah serius lagi memberikan penghargaan pada toko yang memiliki pencapaian performance terterntu dengan memberikan emblem husus bernama STAR SELLER



emblem star seller shopee


Untuk mengejar Best Performance gunakan Jurus Pamungkas 4-S

SIGAP - Sebagai upaya sentuhan ahir dari cara laris manis jualan di market place yang utama adalah fast respon, alias sigap. Aktifitas ini sangat tergantung pada anda atau admin anda. Namun apapun kondisi anda sangat perlu memastikan aktifitas ini. Fast respon akan menentukan kenyamanan calon pembeli dalam mendapatkan kecepatan informasi yang dibutuhkan mereka. 


SOPAN - Selanjutnya setelah anda berhasil sigap, berikan keramahan has timur boleh juga sedikit tambahkan sebutan alay pada lawan chat anda. Sapa mereka sebagai bunsay, sissay atau apapun sesuai tren yang ada. 

SABAR - sabar atas setiap pertanyaan pada boks chat toko anda. Siapapun mereka, pembeli serius atau keliatan iseng saja, perlakukan dengan bijakasana dengan tetap berprasangka baik akan berbelanja

SOLUTIF -  yaitu pandai memberikan alternatif jika ada kesulitan stok. Jika pada saat produk yang mereka cari sedang tidak ada stok ukurannya pandailah meminta waktu agar anda bisa mencoba SOP Pre Order. Atau cobalah tawarkan model sejenis dari produk yang diinginkan


Agar anda mampu melakukan fast respon cobalah langkah ini:


Pertama, pastikan anda memiliki hape husus untuk berjualan. Sangat sulit jika ingin mencapai target fast respon jika hape anda masih barengan sama suami atau anak-anak anda. Apalagi barengan hape sama tetangga... iya kan?

Kedua, berilah notifikasi suara husus untuk pemberitahuan dari pihak market place. Buat setelan suara yang berbeda dan keraskan agar mudah mengetahuinya. Karena setiap kali ada chat pada toko anda, pihak market place akan memberitahukan pada kontak akun anda. Jika pada shopee bisa menggunakan mode standar via SMS, sedangkan jika dari Tokopedia akan ada pemberitahuan otomastis pada Email anda. Buatlah anda segera mengenali jika hape anda berbunyi keras dan nada husus yang datang dari pihak market place agar anda tahu itulah notifikasi permintaan fast respon. 

(Oh ya kalau ada cobalah beli hape yang pada saat ada notifikasi dari toko online anda bisa berjingkrak jingkrak macam Trio Macan. Itu pasti sangat menarik perhatian!)


notifikasi sms shopee 

notifikasi by email tokopedia


Nah jika berminat mendapatkan STAR SELLER anda bisa simak syarat dari shopee ini:

Siapakah Star Seller Shopee?

Star Seller Shopee  (sebelumnya dikenal sebagai Penjual Terpilih Shopee) merupakan sebuah apresiasi untuk penjual yang aktif dan memiliki pelayanan pelanggan yang baik. Detil kriteria Star Seller Shopee adalah sebagai berikut*:

  • Detil No. KTP telah sukses diterima dan disetujui oleh Shopee

  • Toko mempunyai persentase chat dibalas: >= 70%

  • Toko mempunyai rating: >= 4.5

  • Toko memiliki minimum jumlah transaksi berhasil sebesar 50 pesanan dalam sebulan terakhir

  • Toko melayani 25 pembeli berbeda dalam sebulan terakhir

  • Pembatalan dan pengembalian dalam sebulan terakhir < 10%, mengindikasikan tingkat layanan yang baik untuk pembeli

  • Tidak mempunyai riwayat pesanan yang tidak wajar, kejanggalan pada aktivitas akun, atau penyalahgunaan program lainnya untuk kepentingan pribadi

Selengkapnya dapat mengunjungi keterangan resmi Shopee Indonesia di Siapakah Star Seller Shopee? 



Apakah anda tertarik berjualan produk Nibras Fashion Grup TANPA SYARAT BELANJA AWAL namun diskon tetap 30%?

Tips Jualan Laris Manis Di Market Place Shopee dan Tokopedia

Pelajari CARA MUDAH jadi Agen Nibras Fashion Grup Diskon 30% 
tanpa syarat belanja awal > Klik DISINI
(oh iya, jangan abaikan simak boks komentarnya)
--------------------

Nibras Jogja berkomitmen mendorong sahabat Agen Spesial segera mendapatkan emblem keren hususnya dari Shopee yaitu dengan memberikan dukungan penuh stok online agar bisa fast respon menjawab permintaan produk dan ukurannya. Jangan hawatir karena anda bisa mengandalkan www.gudangnibras.com yang akan bekerja untuk anda sepanjang 24 jam sehari dan 7 hari dalam sepekan tiada henti semacam jam dinding yang batrenya baru..

Selain itu, sebagai rasa bangga atas pencapaian sahabat Agen Spesial, Nibras Jogja akan memberikan sharing tips lanjutan seputar seluk beluk maknyus-nya jualan produk Nibras Fashion di market place. Aneka produk pun akan segera hadir yang kategorinya tidak hanya banyak dibutuhkan pada saat jelang lebaran saja, namun kebutuhan harian muslim dan muslimah pada umumnya.

Tidak hanya itu lho, Nibras Jogja akan memberikan Award dan Bonus bagi Agen Spesial yang berhasil mendapatkan STAR SELLER pada periode berjualan Juni - September 2018. Jika berminat silahkan isi boks komentar kami dibawah ini. Otomatis sahabat Agen Spesial yang mengisi komentar atau pertanyaan akan tercatat sebagai peserta pogram Menuju Star Seller.

Apa hadiahnya? Keren banget, sebuah gamis cantik dan unik atau sebuah Koko model terbaru yang akan datang persembahan dari Nibras Fashion Grup. 

Salam Sukses untuk kita semua. 

5+2 Tips Jitu Melariskan Jualan Di Shopee

Komentar

Alma Onshop mengatakan…
Terimakasih banyak kak, pencerahannya.

#gingeralma
https://shopee.co.id/Jahe-Merah-Bubuk-1Kg-Azwa-Gingeralma-i.236211475.8231182033